relung-relung mihrab

ada satu ciri khas rumah-rumah di Anjatan, yang kemudian menjadi salah satu hal yang paling membuat saya merindukan kampung halaman ibu itu. ciri khas itu adalah; mihrab. ya, hampir di setiap rumah sanak saudara ibu di sana terdapat mihrab, atau ruang khusus untuk shalat berupa ruangan kecil dengan posisi lantai yang lebih tinggi dari lantai rumah, dan didekor sedemikian rupa yang menandakannya sebagai ruang khusus untuk beribadah. biasanya terletak di sudut-sudut rumah, yang secara alami menjadikan mihrab itu berbentuk relung (kata ‘mihrab’ memang sebenarnya berarti ‘relung’).

entah hanya perasaan saya atau bagaimana, tapi shalat di ruang ibadah bernama mihrab itu terasa berbeda dibanding shalat di kamar biasa. ruang kecil berbentuk relung itu menimbulkan kesan hening tersendiri yang membuat kita nyaman berlama-lama di sana. mihrab; sebuah tempat yang memang ternyata sayyidah Maryam puteri ‘Imran juga banyak menghabiskan waktu berdiam diri (i’tikaf) di sana:
“..setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab..” (Ali ‘Imran [3]: 37)

hal itu yang setidaknya menginspirasi saya untuk membuat mihrab sendiri nanti di kamar rumah. somehow, faktor nyaman itu penting tuk dipenuhi ketika menginginkan ibadah yang optimal. seperti sayyidah Maryam dengan i’tikafnya dalam mihrabnya, ia diberi gelar ‘wanita yang taat’ langsung oleh Allah ‘Azza wa Jalla. tapi satu hal yang perlu digarisbawahi, bahwa indeed, kekhusyu’an tidak serta merta hadir bersama kenyamanan yang secara fisik diciptakan. ia tetap menjadi suatu kondisi yang dapat tercapai hanya jika koneksi hati telah tersambung dengan Allah; lengkap tak terpisahkan merangkap rasa takut-harap-cinta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s