Husein, the little star on earth (2)

Ada 1 hal yang menjadikan kedua film ini berkorelasi, satu hal yang sama2 menggelayuti pikiran kedua pengajar anak2 spesial ini; kekhawatiran apabila mereka tidak mampu dan tidak didukung untuk belajar, mereka akan ‘kalah’. Mereka akan tenggelam dalam kekurangan.

Hati saya begitu terusik, melihat Hellen, Ishaan. Mereka anak2 yang memiliki potensi kebaikan, apapun itu. Hanya saja tertutupi, karena cacat atau penyakit bawaan. Dan di kemudian, waktu membuktikan, bahwa mereka bisa belajar. Mereka bisa diajarkan. Dan mereka bisa menjadi cemerlang seperti anak lainnya.

Saya melihat Husein. Betapa Husein masih beruntung, semua inderanya berfungsi dengan baik. Selama 9 bulan di daycare, ia menunjukkan beberapa kemajuan. Ia sudah bisa mengucapkan kata dengan lebih jelas, kata yang ia ucapkan juga lebih banyak. Husein juga sudah bisa menggambar, dan ia bisa mengikuti setiap akhir surat Al Fatihah, dan 3 surat terakhir Alquran. Kendala yang saat ini dihadapi Husein pun bisa diterapi, sesuai saran psikolog yang mengobservasi Husein kemarin.

Satu yang membuat saya terkagum adalah kegigihan ummi Husein. Betapa ia tampak begitu keras mengusahakan kemajuan untuk Husein. Sejak awal masuk daycare, ummi Husein punya keyakinan kuat bahwa salah satu terapi terbaik untuk Husein adalah Alquran, maka ia didaftarkan di daycare kami. Dan, saya beberapa kali bertemu ummi Husein dalam kajian Alquran. Husein dan adiknya, Maryam, selalu diajak. Di suatu chat whatsapp baru saya ketahui, bahwa sejak usia 2 minggu, Husein selalu dibawa umminya kemanapun beliau pergi, dan majelis yang dihadiri selalu majelis Alquran… 😥
***

Malam ini Allah memberi saya pelajaran berharga, bahwa kunci untuk mengajari anak2 spesial adalah ketekunan dan kesabaran yang tiada habis. Tak boleh mudah menyerah, tak boleh pula cepat puas, dan sumbu kesabaran saya haruslah panjang…

Saya ingat suatu hari bu Hani pernah berpesan, mengutip kakaknya yang seorang dosen LIPIA, “yang membuat anak didik kita bisa belajar Alquran adalah Allah, bukan kita. Jangan sombong, pun jangan pula berkecil hati… Jika Allah berkehendak, Allah akan mampukan ia membaca Alquran.” Saya meleleh. Sungguh benar, Allah yang menciptakan, Allah pula yang menentukan. Dan saya yakin, biidznillah, ikhtiar dan doa panjang ummi Husein untuk perkembangan Husein akan terjawab…

“let us not lose these… little stars on earth.”
-Taare Zameen Par

Leave a Reply

