ketika Ayuma kena urtikaria

mau cerita sedikit tentang pengalaman sakitnya Ayuma pekan lalu

suatu malam saat sedang tidur, Ayuma menggaruk-garuk telapak kaki kanannya. saya mengira itu gatal biasa. tapi kok, sejak itu tidurnya ngga tenang ya? saya coba melanjutkan tidur. sampai pagi harinya, ia masih sering menggaruk dalam keadaan tidur. saya perhatikan, telapak kaki kanannya memang merah dan permukaannya menebal seperti bentol, tapi hampir di sebagian telapak kakinya. setelah bangun pun ia masih terus menggaruk, kemudian di dekat bibirnya ada bentol kecil seperti digigit semut. awalnya saya abaikan. ohya, pagi itu badannya agak hangat, sepertinya tertular saya yang
sedang flu.

Ketika bangun setelah tidur siang, wajahnya mulai muncul banyak bentol; di sekitar mulut dan mata. tidak mungkin ini digigit semut. Ayuma mulai merasa tak nyaman, ia mencoba menggaruk wajahnya yang gatal-gatal. mulai khawatir, saya konsultasikan ke grup Mommee dan juga cari-cari referensi. menurut kedua sumber itu, kemungkinan Ayuma alergi. saya mulai membuat list makanan yang ia makan pada hari sebelumnya. ah, tidak ada yang berbeda. saya ingat malamnya ia ikut makan tempe yang dicelup kunyit sebelum digoreng. apa dia alergi kurkumin?

image

semakin lama, bentolnya semakin menjadi. ukurannya besar-besar, dan muncul di permukaan tubuh yang terpapar udara; wajah, lipatan tangan, punggung tangan, telapak tangan, lipatan kaki, dengkul, hingga di pahanya. saat itu di bagian perut dan punggung belum muncul. puncaknya, wajah Ayuma sampai bengkak seperti babak belur! ia meronta-ronta, menangis-nangis karena bentolnya pasti gatal dan panas. ya Allah, kenapa anak ini? saya sangat panik, rasanya ingin membawa langsung ke dokter, khawatir membahayakan. tetapi husband menyarankan untuk observasi dulu. siang menjelang sore itu, Ayuma hanya bisa tidur-bangun-tidur-bangun karena kelelahan menangis terus, dan
yang bisa saya lakukan hanya menenangkan dan menyusuinya (dan ikut nangis juga karena ngga tega lihat anak sakit T_T), dan terus memberinya baby cream.

ada beberapa kemungkinan jika anak mengalami biduran (urtikaria), salah satunya yaitu alergi. bisa karena alergi terhadap makanan, udara, tungau, atau karena digigit serangga. dugaan saya, malam itu Ayuma digigit serangga di bagian telapak kakinya. serangga yang masuk je rumah ini memang suka macam-macam. maklum, masih daerah kebun. kemungkinan
racunnya menyebar sehingga timbul bentol hampir di seluruh tubuhnya. Apalagi, imun Ayuma saat itu sedang menurun karena mulai tertular flu dari saya.

setelah bangun dari tidur sore, alhamdulillah bentol di wajahnya mereda, sudah tidak banyak merah-merah. Ayuma mulai bisa main seperti biasa dan makan sedikit-sedikit. kami akhirnya memutuskan untuk memberi obat antihistamin CTM untuk mengurangi efek alerginya itu. malam menjelang tidur, bentolnya mulai muncul lagi. setelah minum obat, saya segera menidurkannya, berharap ia lebih cepat pulih.

keesokan paginya, bentol-bentol bermunculan lagi, kali ini di seluruh tubuhnya, terutama badan dan punggung, sedangkan pada tangan dan kaki tidak sebanyak kemarin. seperti reaksi alergi yang dibilang teman-teman di Mommee, bentolnya akan keluar semua. ajaibnya, ia tidak terlalu merasa gatal seperti kemarin sehingga ia tetap bisa bermain seperti biasa.
alhamdulillah, Allah yang menjadikan Ayuma kuat dan tangguh ya nak.. :’). sejak kemarin sebenarnya saya ingin memberi bedak salicyl, namun saya tak terlalu yakin dan berpikiran mungkin baby cream saja sudah cukup untuk mengatasinya. tetapi pagi itu ayahnya menyarankan untuk memberi salicyl, dan apa yang terjadi? masyaAllah, bedak itu berekasi cepat sekali. bentolnya berangsur hilang tak lama setelah diberi bedak tersebut. sementara itu, Ayuma masih diberi CTM hingga nanti sembuh.

hanya kurang dari 3 hari, alhamdulillah bidurannya sudah hilang sama sekali. pelajaran penting bagi saya nih, karena saya selalu panik jika Ayuma mulai sakit yang tak biasa. alhamdulillah ayahnya selalu bisa jadi penyeimbang. yang jelas, ternyata betul ya apa yang orang-orang bilang, atau yang di iklan bilang, kalau anak sakit, rasanya pengen sakitnya pindah ke kita aja, jangan ke anak. huhu, sangat mellow, tetapi pada saat itu saya benar-benar merasakannya. dari waktu ke waktu, Allah selalu kasih saya pelajaran yang perlahan membuat saya selalu merenungi posisi saya sebagai orangtua, sebagai ibu.
walau masih jauh dari baik, tetapi semoga Allah terus memberi saya hati yang terbuka untuk menerima setiap hikmah kehidupan yang Dia hadirkan untuk saya.

6 thoughts on “ketika Ayuma kena urtikaria

  1. Aduh biduran ya…aku juga pernah tuh kena biduran. Semoga Ayuma sehat sehat terus yaa.
    Hihi jadi ibu tuh kayaknya bikin hidup lebih hidup ya Kak Ez? Moga aku juga bisa jadi ibu yg keren kayak kak Eza 🙂

    1. Iya Sar, ngeri banget ngeliat wajahnya yang bengkak.. 😥 aamiin makasi doanya ammah.. Kalo ammah penyebab bidurannya kenapa?

      Wah da aku mah apa atuh Saar.. masih terus belajar ini.. Kita saling mendoakan aja ya. Iya bikin hidup lebih hidup; sering mengalami sesuatu yang membuat jantung lebih berolahraga.. 😀 (sering khawatir, panik, dkk)
      Thx for coming here, Sar 🙂

      1. penyebabnya sih kata dokter ya virus gitu karena ga cocok sama airnya di kantor. ada virus juga gitu deh dr udara. air sama udara di jakarta ga sebagus air di depok dan bogor,hehehe

        hihihi posting video Ayuma juga dong kaaa. Cepet gede ya dek ayumaaa :*

      2. I see.. Tapi lama2 bisa menyesuaikan kan ya Sar

        Huaa, aku belakangan malah sering bilang “don’t grow up too fast ya dek..”, karena menemani dia di sepanjang harinya di usia2 ini sangat priceless.. She’s like, cuteness overload, y know 😀

Leave a Reply

