[Seri Ramadhan – Part 2] 5 Cara untuk Menjadikan Ramadhanmu Kali Ini Sebagai Ramadhan Terbaik

image
Image source: productivemuslim.com

oleh Kareem Elsayed

Di postingan sebelumnya, kita telah mengetahui pentingnya menyusun rencana untuk ramadhan. sekarang saatnya fokus pada cara untuk mencapai target yang telah kita buat dengan sangat keren!

1. Luruskan niat
Tak ada hal yang bisa kita lakukan tanpa kehendak Allah. Maka, untuk setiap target yang kita buat, mulailah selalu dengan niat yang lurus. Kita tak akan bisa mencapai target tanpa bantuan Allah, maka mintalah bantuanNya dan Allah akan memberikannya pada kita. Sadarilah bahwa sebesar apapun usaha kita untuk membuat rencana dan eksekusinya, kita tetap amat butuh pertolonganNya. InsyaAllah dengan keyakinan ini, Dia tak akan mengecewakan kita.

2. Mulai dari sekarang!
Jangan tunggu ramadhan datang untuk memulai mengerjakan rencana-rencana kita menuju target, karena sekali kita memohon pertolonganNya, maka tak ada yang bisa menghalangi kita dari kesuksesan selain keraguan dari diri kita sendiri. Sekaranglah saatnya membangun momentum itu, bahkan sebelum memasuki ramadhan. Bayangkan kamu tengah berlari di atas pasir, lalu tiba-tiba pasir yang kamu pijak mulai menghilang. Kamu akan berlari dengan sangat cepat agar tidak terjatuh. Begitu juga ketika kamu mulai eksekusi rencana ramadhan sebelum ramadhan datang, kamu ambil start lebih awal ketika syaithan belum dibelenggu. Saat ramadhan datang, kamu sudah berada beberapa puluh langkah di depan! Rasulullah bersabda, “ahabbul a’mali ilallahi adwamuha wa inqalla; amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang rutin dilakukan walau sedikit.” (shahih Bukhari). Jadi mulailah sedikit-sedikit, namun konstan, agar ramadhanmu lebih efektif.

3. Buat sistem
Seperti semua perusahaan yang pasti memerlukan sistem andalan untuk dapat mengukur capaian serta evaluasi, kita pun membutuhkan sebuah sistem untuk me-review performa kita setiap harinya, apa saja yang berhasil kita capai pada hari itu dan apa yang perlu diperbaiki untuk esok hari. Saya merekomendasikan teman-teman untuk tradking progress diri setiap pekannya untuk dapat melihat perubahan apa saja yang berhasil kita capai selama satu pekan. Saya pribadi menggunakan Excel spreadsheet selama beberapa tahun ini untuk tracking, dan saya bisa melihat perbedaan diri saya yang sekarang dibanding 5 tahun lalu. Tapi tak harus spreadsheet, jurnal apapun seperti Evernote atau OneNote sudah cukup baik untuk memantau kesuksesan kita.

4. Cari partner
Yap, cari sohib yang bisa membantumu menuju goal ramadhanmu. Ia akan berperan sebagai pengingatmu dalam perjalanan mencapai target. Pilih partner yang sekiranya bisa kamu temui setiap harinya. Atau jika tidak, buatlah cara agar partnermu ini bisa mengakses jurnal atau sistem yang telah kamu siapkan untuk mencatat setiap capaian target. Ketika orang lain sibuk ngobrol-ngobrol hal lain, kamu dan partnermu sibuk untuk saling mengevaluasi dan menyemangati agar ramadhanmu bisa terus produktif. Ini hal kecil tapi membuatmu beda, sob!

5. Buat kontrak
Last but not least, tulis semua targetmu di atas kertas, dan buat sebuah pernyataan bahwa kamu akan berusaha sebaik mungkin untuk melaksanakan semua target tersebut, lalu tandatangani. Kontrak semacam ini bisa membuat dirimu berkonspirasi dengan seluruh anggota tubuhmu hingga sel-sel terkecilnya untuk bisa mewujudkan sebuah ramadhan terbaik yang pernah kamu jalani. Perlihatkan surat kontrakmu pada partnermu. Dengan adanya surat kontrak ini, kita pun menyertakan Allah beserta malaikatNya sebagai saksi tekad kuat kita. Semoga Allah perkenankan kita semua meraih ramadhan yang sukses!

(artikel asli di sini ya)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s