#day6 – gunting kuku bayi dua generasi

Percaya atau tidak, gunting kuku Ayuma yang saya miliki, adalah gunting kuku bayi turun temurun. Gunting kuku itu sudah ada sejak emaknya Ayuma masih bayi, bahkan 2 tahun sebelumnya, saat kakak saya, kakDel, masih bayi juga. Jadi kurang lebih, usia gunting kuku itu sudah lebih dari seperempat abad, tepatnya kurang lebih 27 tahun.

Gunting kuku itu berwarna jingga, berbentuk seperti gunting biasa (scissors), namun dengan lubang kecil memanjang di salah satu lengan guntingnya. Cara memakainya, kuku bayi diloloskan ke lubang tersebut, baru kemudian digunting dengan lengan gunting yang lain. Saya tidak tahu apakah semua gunting kuku bayi model begini, atau malah yang ini adalah model yang jarang sekaligus unik, karena saya ngga pernah perhatikan gunting kuku kalau lagi di toko bayi. Yang jelas saat Ayuma lahir hampir 1,5 tahun yang lalu dan ada yang menghadiahi gunting kuku (terima kasih om/tante!), bentuknya sama, namun tak ada lubang memanjang itu.

Heran sekaligus takjub, karena sampai sekarang benda itu masih dapat digunakan dengan sangat baik, hanya warnanya saja yang mulai kusam karena dimakan usia. Takjub karena mama menyimpan benda imut nun sederhana itu dengan sangat baik. Kok kepikiran ya nyimpenin gunting kuku? 😀

Saya ingat-ingat, ngga ada satu pun benda masa kecil yang saya simpan sampai sekarang, walau itu barang kesayangan. Tapi karena gunting kuku bayi ini, saya jadi punya keinginan untuk merawat benda-benda yang mungkin berharga untuk dapat saya kenang di masa senja, atau saya berikan pada anak-anak kelak. Pun hanya benda mungil yang tampak tak begitu penting. Nah, apakah gunting kuku ini akan bertahan hingga tiga generasi?

Udah dulu kayaknya ya, sudah adzan ‘ashar, mau ngajar tahsin 🙂

#NulisRandom2015

2 thoughts on “#day6 – gunting kuku bayi dua generasi

    1. Entah, tiba-tiba aja pas Ayuma udah lahir, mama bawain gunting kuku itu ke rumah, dan aku masih inget banget kalo itu gunting kuku yang jaman dulu.. Aku perlu tanya mama ya gimana caranya jaganya. Penting bgt inih.

Leave a Reply

