#day10 – kekasih Allah yang tidak kita kenal..

image
source: agentdakwah.wordpress.com

Awal ramadhan tahun lalu, saya dan keluarga kecil sempat rutin untuk ikut berbuka puasa di masjid Darussalam Komplek Griya Tugu Asri. Masjid terbuka berukuran sedang dan hanya memiliki satu lantai itu entah mengapa bisa memberikan kesan nyaman tersendiri bagi pengunjungnya. Kebersihan masjid ini tampak dijaga dengan baik. Kamar kecil wanita yang memiliki cukup banyak bilik toilet ini kelihatan bersih, hanya saja jarang digunakan, karena jama’ah wanita yang shalat di masjid jauh lebih sedikit dibanding jamaah bapak-bapak.

Ya, ramadhan tahun lalu, setiap selesai urusan di daycare jam 5 sore, husband menjemput saya lalu kami bergegas ke masjid GTA. Beberapa takmir masjid tampak sigap mempersiapkan hidangan untuk ifthar yang tinggal sebentar lagi. Ada teh manis hangat, kurma, lontong, lemper, terkadang gorengan lengkap dengan cabe rawitnya, kue sus coklat/eclair, dan beberapa variasi snack lainnya. Makanan-makanan itu diletakkan di piring-piring kecil sehingga satu orang dapat satu piring berisi beberapa snack, atau diletakkan di baki untuk beberapa orang.
Pada suatu hari jelang adzan maghrib, saya telah duduk di teras samping ruang shalat, melingkari baki berisi makanan bersama beberapa ibu. Tidak banyak, berbeda dengan jamaah bapak-bapak yang memadati teras samping sebelah kanan untuk laki-laki. Di dekat saya ada seorang ibu dengan tiga orang anaknya yang masih kecil-kecil dan semuanya memakai baju muslim lucu lengkap dengan kerudungnya. Saya memberanikan diri untuk menyapa dan bertanya,
“ibu, tinggal di sini (komplek ini) ya..?”
“oh enggak, saya tinggal di luar komplek, dekat dari sini..”, jawabnya berbinar, senang disapa.

Kami lalu berkenalan. Namanya Ibu Siti Fatimah, asal Bima NTB, tinggal di sini karena menikah dengan orang Depok. Beliau sudah berjilbab rapi, memakai jilbab langsungan berbahan babat yang ukurannya besar sekali. Dua anaknya sudah sekolah, yang tertua sekolah di SDIT kelas 2 dengan beasiswa, sedangkan adiknya baru saja diterima di Kuttab Al Fatih. Wah, saya mengucapkan selamat sekaligus bangga, karena Kuttab merupakan sekolah yang ‘tidak biasa’. Anak terakhirnya baru berusia dua tahun.

Berikutnya beliau mulai bercerita bahwa beliau biasa membuat kue-kue dan gorengan untuk dijual. Saya sempat mengira bahwa kue dan gorengan yang disajikan saat ifthar itu adalah buatan beliau..
“bukan mbak, kalau ramadhan saya sudah nggak bikin kue lagi. Saya bikin kue untuk 11 bulan saja di luar ramadhan, sambil menabung. Mulai ramadhan ya saya nggak jualan lagi. Libur sebulan, biar kita fokus ibadah kan ya..”, ucapnya.

Saya begitu terkesima. Betapa tidak, amat jarang orang yang berpikir seperti ibu Siti Fatimah, apalagi untuk orang yang ekonominya menengah ke bawah. Banyak orang yang bekerja lebih keras pada bulan ramadhan agar dapat pulang kampung dan bisa membawa sesuatu untuk keluarga di kampungnya..

Adzan maghrib berkumandang. Wajah-wajah tampak bersuka cita menyambutnya, termasuk ketiga anak Bu Siti Fatimah yang lucu-lucu. Setelah berbuka, kami bersiap shalat. Di luar dugaan, Bu Siti Fatimah sudah mengatur strategi shalat maghrib; anak pertama menjaga anak bungsu, sehingga beliau bisa ikut shalat berjamaah bersama anaknya yang nomor dua. Baru kemudian setelah shalat beliau gantian menjaga anak bungsunya, lalu anak pertama shalat.. Lagi-lagi saya dibuat takjub..

***

Ustadz Salim A. Fillah menulis dalam bukunya, ada begitu banyak orang shalih kekasih Allah yang tidak kita kenal.. Mereka beriman, taat beribadah, mengatur keluarganya dengan baik, dan berbuat baik pada orang lain.. tapi sepi dari publikasi. Jauh dari popularitas. Tetap sederhana dengan kodrat mereka sebagai hamba. Mereka tidak dikenal penduduk bumi, tapi penduduk langit akrab mendengar namanya, berdoa untuknya.

Ada banyak kekasih Allah yang tidak kita kenal..
Dan itu membuatku makin tertunduk malu..

#NulisRandom2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s