#day11 – Lepidoptera, Ordo Tercantik di Dunia

image
Ornithoptera goliath, the Pride of Eastern Tropics. (source: en.butterflycorner.net)

Introduce your kids to the nature!

Kupu-kupu yang lucu
Kemana engkau terbang
Hilir mudik mencari
Bunga-bunga yang kembang

Berayun-ayun
Pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu
Merasa lelah

Pernah terkagum dengan keindahan kupu-kupu? Yep, sepertinya kita ngga sendirian ya. Warnanya yang mencolok membuat siapa saja suka memandangnya. Ngga berlebihan kalo kita menobatkan kupu-kupu sebagai ordo paling cantik di dunia.

Lepidoptera berasal dari bahasa Yunani ‘lepido’ yang berarti sisik, serta ‘ptera’ yang berarti sayap. Nama ini refers to sayap kupu-kupu yang sebenarnya terdiri atas sisik-sisik kecil. Lepidoptera ini termasuk dalam kelas serangga, yaitu kelas yang anggotanya memiliki 3 pasang kaki. Ohya, selain kupu-kupu (butterfly), ada ngengat (moth) juga yang termasuk dalam ordo ini.

Kebanyakan kupu-kupu berwarna cerah, aktif di siang hari, dan jika sedang hinggap menegakkan sayapnya ke atas. Sedangkan ngengat lebih berwarna kelabu, aktif di malam hari, dan jika sedang hinggap membentangkan sayapnya ke samping, atau dilipat di punggungnya. Ohya, fyi, kupu-kupu ini punya karakter sexual dimorphism. Artinya, jantan dan betinanya punya corak sayap yang berlainan, atau bahkan sama sekali berbeda. Yang lebih punya warna atraktif justru jantannya, sedangkan ukuran betina biasanya lebih besar. Fyi lagi, untuk antena ngengat, bentuknya itu seperti sayap golden snitch di Harry Potter lho..

image
Papilio memnon, dengan corak yang berbeda antara jantan dan betina. (source: realbutterflygifts.com)

Kalau mau tau lebih banyak jenis kupu-kupu, Museum Serangga dan Taman Kupu di TMII adalah tempat yang recommended untuk didatangi. Museum itu menyimpan sekitar 250 spesies awetan kupu-kupu dalam kotak kaca, serta ratusan spesies serangga lainnya dari seluruh Indonesia. Yang paling dazzling adalah, di sana ada gambar peta Indonesia berukuran besar dengan informasi persebaran jenis-jenis kupu-kupu di seluruh penjuru pulau di nusantara. Dan ternyata, kupu-kupu Indonesia itu indah-indah bangeet, masyaAllah! Beragam ukuran, beragam warna.. *cling!*

Dari sekian ratus spesies kupu-kupu di Indonesia, ada satu yang dijuluki the Pride of Eastern Tropics, yaitu kupu-kupu sayap burung asli Papua (Ornithoptera goliath). Jenis kupu-kupu ini nomor dua terbesar di dunia, lebar sayapnya bisa mencapai 28 cm. Whoaa. Selain itu ada Papilio ulysses asli Maluku yang berwarna biru elektrik (!) dan hitam, ada pula ngengat besar bernama latin Attacus atlas. Ngengat ini banyak terdapat di daerah tropis. Saya sendiri dulu pernah ketemu sama spesies ini, dia lagi mampir ke daerah rumah mama, hinggap di pagar. Trus langsung melting dong.. MasyaAllah cantik bangeet..

image
Attacus atlas, or so called kupu-kupu gajah, yang sesungguhnya adalah ngengat. (source: pixabay.com)

Melihat keindahan makhluk kecil ini, semoga makin membuat kita kagum pada Penciptanya. Jadi saat melihat keindahan, kita puji Pemilik semua keindahan ini dengan, “masyaAllah”.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s