[Seri Ramadhan – Part 3] Delapan Doa untuk Delapan Rakaat

image
source: b-muslim.com

Oleh Kareem Elsayed

It’s H-3 already!

Banyak yang meyakini bahwa bulan ramadhan teramat spesial karena di dalamnya terdapat malam 1000 bulan. Tetapi tahukah, apa yang membuatnya benar-benar istimewa? Pada malam lailatul qadar, turun ke bumi semua ketetapan (takdir) Allah atas setiap urusan kita. Seperti firman Allah, “pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah.” (Ad Dukhan [44]: 4), atau ayat yang lebih akrab lagi, “pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan.” (Al Qadr [97]: 4).

Dan tahukah, bahwa ada satu hal yang dapat kita lakukan untuk mengubah (memperbaiki) takdir kita yang pada saat itu diturunkan dari langit?


Yep, dengan berdoa! Takdir bisa diubah, kawan! Seperti sabda Rasulullah, “tidak ada yang dapat mengubah takdir melainkan doa.” (Shahih Al Jami’). Inilah yang membuat ramadhan, terutama di 10 malam terakhirnya, menjadi waktu yang amat tepat bagi kita untuk melangitkan doa.

Maka menjadi penting bagi kita untuk mulai memikirkan baik-baik doa apa yang akan kita langitkan selama ramadhan nanti. Sekarang, coba tanya diri sendiri, “doa apa aja yang kelak bisa mengubah hidupku..?”. Jangan lupa untuk selalu yakin bahwa Allah akan mengabulkan doa kita.

8 Doa yang Bisa Kamu Panjatkan Selama Ramadhan Ini

Ramadhan beberapa tahun belakangan ini, saya terbiasa menetapkan 8 doa yang saya fokuskan untuk selalu dipanjatkan di setiap ramadhan. Saya memilih dua doa dari tiap 4 kategori doa di bawah ini. Kenapa 8? Jadi, kebanyakan masjid melaksanakan shalat tarawih setidaknya 8 rakaat, maka saya mengulang-ulang 1 doa untuk setiap 1 rakaat tarawih (dalam sujud, dll). Cara ini ternyata cukup membantu saya mengingat sedang di rakaat keberapa, sehingga membuat saya tetap fokus selama shalat. Tentu ngga harus 8 ya, bisa aja 17 doa, sesuai dengan jumlah rakaat shalat fardhu. Tapi 8 doa jauh lebih mudah diingat daripada 17, jadi kita tetapkan 8 aja ya.

Perlu diingat, bahwa doa yang akan kita buat ngga harus tentang target ramadhan. Ini tentang doa untuk kehidupan kita secara keseluruhan. Kita bisa meminta agar terhindar dari musibah, penyakit, atau kesulitan hidup yang mungkin menimpa. Dan tetap yakin di dalam hati bahwa Allah yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita.

4 Kategori Doa

1. Agama: karena ramadhan adalah tentang taqwa dan perbaikan diri, mintalah pada Allah untuk memperbaiki diri kita. Tentukan aspek apa aja dalam agama yang ingin kita tingkatkan, yang sungguh-sungguh kita harapkan. Mungkin berangkat haji atau ‘umrah? Atau menghafal Alquran? Ngilangin kebiasaan buruk? Atau mau bangun masjid? Apa keinginanmu tampak impossible? Semuanya mungkin, dan semuanya mudah bagi Allah untuk mengabulkannya.

2. Dunia: salah satu doa yang paling banyak kita dengar saat tarawih adalah “rabbana aatina fiddunya hasanah..”, ya Allah, berikanlah pada kehidupan dunia kami kebaikan.. Allah mengajarkan kita untuk mendoakan kehidupan dunia kita. Jadi apa yang kamu pinta pada Allah untuk duniamu? Menikah? Pekerjaan? Beli rumah? Kesehatan? Saatnya meminta pada Allah, yang pengabulanNya tak berbatas..

3. Akhirat: lanjutan dari doa tadi adalah, “wa fil akhirati hasanah..”, dan pada akhirat kami kebaikan.. Karena kehidupan yang abadi adalah kehidupan akhirat, berdoalah agar Allah beri kebahagiaan kelak di akhirat nanti. Ingin bisa duduk berdampingan dengan Rasulullah di surga nanti? menatap wajah Allah dan berbincang denganNya? Atau ada suatu hukuman di neraka yang paling kita takutkan? Mintalah perlindungan Allah darinya.

4. Lainnya: bulan ramadhan bukan bulan untuk mementingkan diri sendiri ya. Bahkan Allah mewajibkan zakat fithrah, agar kita ingat sama orang lain. Jadi saat mempertimbangkan doa-doamu selama ramadhan, penting untuk memberi porsi tuk doakan orang lain. Ingat-ingat keluarga, teman, dan juga umat ini. Dengan kita mendoakan mereka, kita pun diaminkan malaikat, dan mereka mendoakan hal yang sama untuk kita πŸ˜‰

Sudah mulai menentukan doa-doamu? Sekali lagi, buat sesimpel namun sekomprehensif mungkin. Dan ingat, kamu tentu bisa pilih doa di luar list tadi. Selamat memilih, dan ramadhan mubarak, all!

Artikel asli dalam bahasa Inggris dari sini ya πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s