Renungan kemerdekaan: Karunia rasa aman

image
source: mubi.com

Nikmat terbesar dari Allah dan menjadi kebutuhan manusia yang paling mendasar, menurut Syaikh Amru Khalid, adalah makanan dan rasa aman.

Dan surat Quraisy, salah satu surat pendek di juz 30 yang mungkin sering kita baca saat shalat, membedah masalah krusial yang dialami sebagian besar manusia, yaitu terbiasa dalam kenikmatan sehingga tidak lagi merasakan kelezatannya, akhirnya lupa mensyukurinya.

“Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.”

(Quraisy: 1-2)

Kaum Quraisy terbiasa mengenyam kenikmatan tersebut karena Allah telah memudahkan perjalanan mereka dengan aman di dua musim. Sepatutnya nikmat-nikmat itu disambut dengan syukur kepada Sang Pemberi nikmat dan beribadah kepadaNya,

“Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka’bah). Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar, dan mengamankan mereka dari ketakutan.”

(Quraisy: 3-4)

Di hari kemerdekaan nun merah putih ini, kita tahu bahwa di belahan bumi yang lain, ada banyak saudara kita yang masih terjajah jiwa dan raga. Palestina, Suriah, Rohingya, Uyghur. Bertahun-tahun hidup dalam suasana mencekam. Dua nikmat terbesar yang disebut dalam surat Quraisy tak dapat mereka rasakan. Maka sebagai hamba yang tanah airnya telah dianugerahi kemerdekaan, menjadilah kita manusia yang bersyukur dan terus menghamba. Dan kirimkanlah doa, agar mereka dapat segera menggenggam kemerdekaan yang sama. Agar mereka dapat merasa bagaimana hidup dengan rasa aman. Allahummanshurhum..

Dirgahayu Indonesiaku yang ke-70. Masih terpatri mimpi itu; moga Allah jadikan tanah airku baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur..

(Inspirasi dari Khowathir Qur’aniyah, karya Amru Khalid)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s