Kids’ Activity: Agustus dengan latihan motorik kasar dan halus

Salaam!

Anak-anak kita setiap harinya melalui masa yang begitu menyibukkan; berkeliling eksplorasi sekitar, penasaran dengan benda-benda yang baru pernah dilihat, memanjat, mendengar nyanyian dan mulai mengenali lagunya, semuanya begitu menyenangkan bagi si kecil hingga selalu membuat sinar matanya membulat dan melukiskan senyum serta tawa di wajah lucunya. Rasa-rasanya energi mereka tak pernah habis! Ikut tergabungnya saya dalam grup whatsapp baru bernama Rumah Main Anak yang digagas oleh kak Sarah membuat saya yang tadinya masih angot-angotan dalam memberi stimulus bagi perkembangan si kecil menjadi lebih bersemangat membaca, mencari tahu, dan mulai merakit permainan sederhana yang membuatnya tertarik mengeksplorasi.

Sejak awal di daycare saya sudah mengenal buku ‘Slow and Steady, Get Me Ready’ karya J. R. Oberlander dan amat tertarik dengan isinya, karena buku tersebut berisi petunjuk membuat permainan stimulus perkembangan anak mulai usia sejak lahir sampai usia 5 tahun setiap minggunya. Karena beberapa permainannya membutuhkan perlengkapan tertentu (padahal perlengkapan yang ada di rumah saja pun bisa) saat itu belum tersedia, dan waktu saya yang saat itu masih amat terbatas karena full-nya waktu mengasuh di daycare, hanya sedikit permainan stimulus yang dapat saya realisasikan untuk Ayuma. Saat melihat kreativitas kak Sarah sang founder RMA di fesbuk dalam membuat macam-macam permainan stimulus untuk anaknya, saya amat tertarik untuk mempelajarinya, dan alhamdulillah beliau menginisiasi dibuatnya grup RMA sebagai rumah pembelajaran bagi para ibu yang ingin terus memberikan stimulus bagi perkembangan buah hati. Salah satu referensi yang diberikan kepada para anggotanya adalah buku karya Oberlander tadi, yang membuat saya kembali bersemangat membaca satu persatu halaman di buku tersebut dan mencari kegiatan yang cocok untuk usia Ayuma.

Nah, karena saya tak (ingin) punya akun instagram, saya akan mendokumentasikan aktivitas-aktivitas Ayuma di sini. Walau masih sedikit dari permainan yang saya adaptasi dari buku Oberlander dan sisanya adalah hasil searching di website-website atau kreativitas sendiri :p, insyaAllah kedepannya saya akan lebih banyak eksplor buku tersebut untuk stimulus Ayuma, juga dari berbagai sumber lain. Harapan saya pribadi, saya ingin bisa lebih rajin dan lebih mengasah kreativitas, untuk memberi yang terbaik bagi perkembangan Ayuma. I know as a new mom i really so lame by letting her watching much videos, and i just hope that i haven’t late yet. Kita bismillah sama-sama ya, Yuma.. πŸ™‚

image
aku berani berkenalan sama burung hantu πŸ™‚

Bersahabat dengan Hewan
Usia: 1y7mo
Cara bermain: ajak si kecil berkenalan dengan hewan baru; dalam foto di atas, itu adalah burung hantu ras tyto bernama Leni, usianya baru 4 bulan πŸ™‚ perkenalkan jenis hewan apakah itu pada si kecil, sebutkan juga namanya, ajak ia mengelus kepala hewan, encourage ia untuk berani dan tak perlu takut dengan hewan peliharaan.

(notes: Ayuma ternyata memang selalu penasaran dengan hewan, pertama melihat Leni dia senang minta ampun sampai selalu nangis kalau diajak pulang. Nah cerita tentang foto di atas, saat sedang menyentuh Leni, telunjuk Yuma dipatuk sama Leni karna ia mengira Yuma sedang kasih makanan >w< alhamdulillah Ayuma ngga menangis, hanya meringis πŸ˜€ )

image

Memasukkan Benda Kecil ke dalam Botol
Usia: 1y32w
Alat :
* Botol minuman berleher sempit
* Pensil, krayon, sikat gigi, dan benda-benda kecil yang bisa melalui botol
Cara bermain:
Anjurkan si kecil menjatuhkan satu persatu benda yang disediakan dengan menyebutkan nama benda. Kalau semua benda sudah dijatuhkan ke dalam botol, balikkan botol sehingga mulut botol menghadap ke bawah, biarkan si kecil mengeluarkan semua benda di dalam dengan menggunakan tangannya atau mengocok botolnya sehingga benda-benda kecil itu keluar semua. Ulangi lagi aktivitas ini dan anjurkan si kecil untuk melakukannya sendiri.

Aktivitas ini mengembangkan:
* koordinasi mata dan tangan
* kemampuan memecahkan persoalan
* keyakinan diri
* keterampilan mengikuti petunjuk/arahan
* interaksi sosial

image

Melatih Motorik Halus dengan Alat Sederhana: Wadah Kukus Magicom
Usia: 1y34w
Alat: wadah kukus magicom & krayon twist (atau sedotan)
Cara bermain:
* Balikkan wadah kukus magicom agar krayon dapat dimasukkan ke dalam lubang
* Anjurkan si kecil untuk memasukkan krayon pada lubang-lubang wadah tersebut
Tujuan:
* melatih motorik halus
* melatih koordinasi mata dan tangan
* melatih konsentrasi

image

Yuma-go-round

Usia: 1y36w
Cara bermain: she even found this movement by herself; tiba-tiba aja sudah bisa berputar. Dengan kaki kirinya sebagai poros, Ayuma mulai melakukan gerakan berputar berlawanan arah jarum jam. Bunda memberikan stimulus lagu berputar agar ia makin senang melakukan gerakan barunya ini

Tujuan:
*Menstimulus anak untuk menggerakkan semua anggota tubuhnya!
*Melatih keseimbangan

(notes: karena tema pekan kemarin adalah motorik kasar, sejak awal pekan saya sudah menetapkan untuk melatih Ayuma untuk injak bumi (stomping her feet) dengan lagu ‘kalau kau senang hati’, sekaligus melatih auditori Yuma dan responsnya terhadap kata perintah dalam lagu. Ternyata Yuma malah menemukan gerakan baru yaitu berputar-putar. Awalnya Ayuma hanya senyum saat ia mulai akrab dengan lagu ini tiap saya nyanyikan, tapi kemudian dia mulai ikut-ikut tepuk tangan, meskipun belum meniru injak bumi. That’s really okay honey, bunda akan terus latih Ayuma ya!)
***
So that’s all for august, bersama permainan motorik kasar dan motorik halus. Moga bulan September ini lebih kreatif, lebih ceria! πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s