Juz 3 – Memahami Cobaan dan Kesulitan

🍃Brief Tadabbur of the Quran – 1 juz a day with Ust. Nouman Ali Khan🍃

Juz 3 – Memahami Cobaan dan Kesulitan

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya…”

(QS.Al Baqarah [2]: 286)

Setiap cobaan yang kita hadapi dalam hidup telah disesuaikan sesuai dengan kemampuan kita mengatasinya. Sesuatu yang dilalui orang lain mungkin tak bisa kita atasi, dan sesuatu yang dapat kita lalui mungkin tak bisa diatasi orang lain. Those all are customized for every single person. Namun dalam hal perintah-perintah Allah, Allah tahu bahwa manusia sanggup melaksanakannya, maka setiap orang Allah bebani dengan kewajiban2, dan seharusnya tak ada excuse bagi diri kita untuk tidak melakukannya dengan dalih banyak kesulitan.

***

Dalam bahasa arab, kata ‘kasaba’ berarti hal yang mudah didapat, sedangkan ‘iktasaba’ berarti hal yang lebih sulit didapat. Namun pada ayat ini, bukankah mendapat pahala seharusnya lebih sulit daripada berbuat keburukan?

Ternyata, rahasia yang hendak Allah sampaikan pada ayat ini adalah bahwa perbuatan baik mungkin membutuhkan usaha yang berat, tetapi Allah akan membuatnya mudah, sedang perbuatan buruk mungkin jauh lebih mudah dilakukan, tetapi kita akan menanggung sulitnya beban ganjaran kelak. Inilah pandangan yang Allah inginkan untuk kita pahami tentang perbuatan baik dan buruk.

Maka jangan melebih-lebihkan perasaan beratnya beban kita dengan banyaknya dalih. Dan jangan pula menyepelekan dosa. Sebab dua hal itu kelak bisa memberatkan beban kita ketika nanti menghadap Allah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s