Juz 7 – Kebaikan vs Keburukan

🍃Brief Tadabbur of the Quran – 1 juz a day with Ust. Nouman Ali Khan🍃

Juz 7 – Kebaikan vs Keburukan

“Katakanlah (Muhammad), ‘tidaklah sama keburukan dengan kebaikan meskipun banyaknya keburukan itu menarik hatimu, maka bertaqwalah kepada Allah wahai orang-orang yang memiliki akal sehat, agar kamu beruntung.”

(QS.Al Maidah [5]: 100)

Keburukan tidak sama dengan kebaikan. Di masa ini, norma masyarakat punya standar sendiri tentang apa yang bisa diterima dan tidak, tetapi beberapa tahun ke depan, standar tersebut bisa jauh berubah. Maka Rasulullah telah diberi kuasa oleh Allah untuk menentukan batasan standarnya. Walau kelak kita akan lihat keburukan ada di mana-mana, ketika keburukan menjadi begitu biasa dan dapat diterima, bahkan banyak teman kita ikut melakukannya, kita patut ingat bahwa keburukan tak akan pernah sama dengan kebaikan.

Siapakah yang dapat menyadari hal tersebut? Merekalah orang bertaqwa; yang pikirannya jernih, tidak terkotori pengaruh budaya dan berbagai propaganda yang gencar, serta ulil albab; yang berpikir terbuka dan dalam, tidak mudah mengekor. Jangan mengira apa yang banyak dilakukan orang selalu baik dan mendatangkan keberuntungan, tetapi bedakanlah kebaikan dan keburukan, agar kita beruntung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s