Miss Riy

Belakangan ini saya sering tiba-tiba teringat miss Riy, salah seorang guru di lembaga yang saat ini sedang mengikuti program tahfizh intensif Ramadhan 30 juz di Cianjur. Bertanya-tanya dalam hati, sudah sampai mana ya hafalannya? Pasti sebentar lagi sudah mau selesai . . .

Beberapa pekan sebelum Ramadhan di halaqah mudarris rutin kami, para guru heboh menyelamati miss Riy, yang secara resmi dikirim oleh lembaga untuk mengikuti program tersebut. Ah, betapa beruntungnya.. Barangkali itu yang ada di benak masing-masing kami ketika mengetahui hal itu. Karena selain miss Riy, guru yang lain adalah guru yang sebenarnya ibu rumah tangga dan sudah repot dengan anak. Miss Riy lah, satu-satunya yang berpeluang mendapat keistimewaan mengikuti tahfizh intensif. Ditambah, kepribadian beliau sebagai guru tahsin yang selalu bisa menjadi contoh; ontime, bersemangat, suara lantang, bacaan tartil dan lambat, konsisten setoran, sudah punya hafalan 5 juz, meyakinkan kami bahwa, yep, she’s the one.

Ada sekelebat ekspresi haru di wajahnya ketika kami menyelamatinya. Matanya sedikit memerah dan berair, sambil ia meminta doa dilancarkan urusannya. Miss Riy sendiri tidak menyangka bahwa Allah menakdirkannya jalan menghafal seperti ini. Kami yang berjuang menghafal sendiri menyemangati miss Riy agar menggunakan sebaik mungkin kesempatan berharga ini.

Ya, di Ramadhan ini, saya yang terseok-seok setoran ke lembaga, jadi sering terpikirkan miss Riy. Semoga Allah terus melekatkan hafalanmu pada lisan & hati ya miss. We really miss you!

Advertisements

One thought on “Miss Riy

  1. Iya, za.. itu kesempatan berharga banget..
    Adikku yang pas mondok cuma dapet 8 juz, diem diem di rumah nambah sendiri 7 juz,, ngafal sndiri butuh perjuangan banget ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s