#NikahMuda dan tentang menjaga kesucian diri

seruan #NikahMuda yg dilakukan banyak orang di sosmed saat ini, tentu ngga asal seruan: ayo buruan nikah thok. Ngga ada orang yang ngomporin nikah muda dan bilang, ‘ga usah mikirin kesiapannya!’, we all know the consequences. dibalik seruan #NikahMuda, pada akhirnya adalah tentang seruan ‘ayo perbaiki diri terus!’, sehingga anak muda termotivasi cari bekal kebaikan yg banyak sebelum menikah nanti, dan ngga terpikir mencari ‘alternatif’ yang sebenarnya ngga ada dalam daftar opsi. IYKWIM

satu lagi, jangan anggap remeh keinginan orang menikah yg untuk menjaga kesucian diri, menghindari zina. orang2 menulis, “heloo, segitu ga berdayanya kamu nundukin nafsu?”, padahal kesucian di sini tak semata tentang virginity, dan zina bukan semata DTD (do the deed). tiap2 organ tubuh ada potensi zina. melihat, mendengar, berbicara, menyentuh. What? Hal sebiasa itu? Iya. Jadi jika kamu beranggapan cemen banget orang yang ga bisa nahan nafsunya, semoga kamu adalah orang yang memang bisa menjaga diri dari potensi2 zina itu semua, komit untuk tidak melakukan apapun aktivitas yang mendekati zina itu, or to make it short, komit untuk tidak pacaran.

Jaman sekarang, berapa orang di antara kamu yang benar2 bisa seperti ini; menjadi manusia lurus tanpa ada keinginan untuk menjalin hubungan tak jelas dengan seseorang di luar sana? Men, semua orang ada kecenderungan ke arah sini. Tetapi menjaga kesucian diri itu adalah the road not taken. It’s the rare road that the others don’t take.

My point is, kita semua setuju banget kalo nikah muda perlu kesiapan di segala aspek, tetapi jangan juga mencibir mereka yang memang punya keinginan nikah muda untuk menjaga dirinya. Mereka yang punya prinsip itu, saya rasa, adalah mereka yang memaknai kesucian diri lebih dalam, dan bertekad menjadi the first to their husband/wife. Dan bukankah memang itu yang lebih mulia di mata Arrahman?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s